Sebuah karya atau produk dalam dunia pemasaran sekarang ini, memerlukan sentuhan yang hebat, agar dapat menarik sejumlah peminat.
Ada beberapa pandangan umum yang dapat
mempengaruhi daya tarik seseorang terhadap sebuah karya termasuk dalam ranah
digital, antara lain meliputi tampilan (warna), bentuk, media, suara, dan
lain-lain.
Tampilan yang dinamis dan elegan perlu diupayakan sehingga
menghasilkan seni cita karya yang khas, selanjutnya akan mendapatkan respon
publik lebih baik.
Sebuah karya yang baik juga diharapkan selain mendapatkan
perhatian dan apresiasi positif. Seperti kita akan merespon sesuatu karena ada
rasa ketertarikan dari kesan pertama. Selanjutnya, akan mendatangkan income
dalam berbagai bentuk.
Perhatian pada sesuatu karya menjadi penting, untuk
mendapatkan respon publik, antara senang, berkomentar dan setia. Bahkan
membutuhkan kehadiran kita, berkat karya yang dipublikasikan.
Nah, pada zaman serba digital seperti sekarang
ini, alat-alat elektronika yang menghasilkan karya visual digital seperti kamera
juga menjadi sangat penting peranannya.
Namun demikian, dalam pandangan smartografi bukan tertumpu
pada kekuatan kamera. Tapi lebih banyak tertuju pada kekuatan mempengaruhi
minat publik untuk mengapresiasi dari hasil karya visual itu.
Itulah beberapa pandangan yang dikemukakan oleh
fotografer profesional Deni dari Jakarta, pada kegiatan diklat pengunaan kamera
hp untuk branding produk bagi komunitas usaha kecil mikro di kawasan Geopark
Ciletuh-Palabuhanratu, setahun silam.
Karya visual itu juga, bukan pada hasilnya semata,
tetapi penting juga pada nilai dan ide yang ingin disampaikan. Disamping
dipengaruhi pula oleh proses cara mendapatkan hasil jepretan.
Dalam memproyeksikan hasil yang lebih baik, untuk
karya jepretan kamera hp, Deni memberi tips antara lain: jangan dibuat pada
sudut pandang biasa, yang umum dilakukan oleh orang, objek jepretan sebaiknya terfokus
pada kekuatan produk yang dibranding, bukan pada keseluruhan.
Selain itu, akan lebih baik apabila dilengkapi
dengan aksesoris untuk memberi kesan lebih dekat dengan pengapresiasi, terutama
pada hal-hal yang berkenaan dengan kebutuhan mereka.
Tetapi yang lebih bernilai, justru pada aspek lain
yang dimuati pada karya itu. Artinya ada nilai yang ditransformasikan oleh si kreator
dalam hasil karya. Misalnya nilai yang ingin disampaikan seperti keunikan,
orginalitas, handmade able, alami, dll.
Secara khusus untuk kalangan ukm dan pengusaha
pemula, Deni memberi tips tambahan untuk menjual sinergitas antara para
pengusaha, yaitu melakukan kombinasi dengan produk sesama pengusaha, makanan
atau hal lain, yang dapat dipasarkan kepada publik dengan memanfaatkan tag
kepada masing-masing pengusaha itu.
Begitulah antara lain, tips yang disarankan oleh Deni untuk para pengusaha starup.**
Berkah bagi kita semua #ReganaPOIN #Teknologi #MansurAsyarie