Kamis, 22 Juli 2021

Smartografi, Optimasi Karya Foto Kamera Handphone


Sebuah karya atau produk dalam dunia pemasaran sekarang ini, memerlukan sentuhan yang hebat, agar dapat menarik sejumlah peminat.

Ada beberapa pandangan umum yang dapat mempengaruhi daya tarik seseorang terhadap sebuah karya termasuk dalam ranah digital, antara lain meliputi tampilan (warna), bentuk, media, suara, dan lain-lain.

Tampilan yang dinamis dan elegan perlu diupayakan sehingga menghasilkan seni cita karya yang khas, selanjutnya akan mendapatkan respon publik lebih baik.

Sebuah karya yang baik juga diharapkan selain mendapatkan perhatian dan apresiasi positif. Seperti kita akan merespon sesuatu karena ada rasa ketertarikan dari kesan pertama. Selanjutnya, akan mendatangkan income dalam berbagai bentuk.

Perhatian pada sesuatu karya menjadi penting, untuk mendapatkan respon publik, antara senang, berkomentar dan setia. Bahkan membutuhkan kehadiran kita, berkat karya yang dipublikasikan.

Nah, pada zaman serba digital seperti sekarang ini, alat-alat elektronika yang menghasilkan karya visual digital seperti kamera juga menjadi sangat penting peranannya.

Namun demikian, dalam pandangan smartografi bukan tertumpu pada kekuatan kamera. Tapi lebih banyak tertuju pada kekuatan mempengaruhi minat publik untuk mengapresiasi dari hasil karya visual itu.

Itulah beberapa pandangan yang dikemukakan oleh fotografer profesional Deni dari Jakarta, pada kegiatan diklat pengunaan kamera hp untuk branding produk bagi komunitas usaha kecil mikro di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, setahun silam.

Karya visual itu juga, bukan pada hasilnya semata, tetapi penting juga pada nilai dan ide yang ingin disampaikan. Disamping dipengaruhi pula oleh proses cara mendapatkan hasil jepretan.

Dalam memproyeksikan hasil yang lebih baik, untuk karya jepretan kamera hp, Deni memberi tips antara lain: jangan dibuat pada sudut pandang biasa, yang umum dilakukan oleh orang, objek jepretan sebaiknya terfokus pada kekuatan produk yang dibranding, bukan pada keseluruhan.

Selain itu, akan lebih baik apabila dilengkapi dengan aksesoris untuk memberi kesan lebih dekat dengan pengapresiasi, terutama pada hal-hal yang berkenaan dengan kebutuhan mereka.

Tetapi yang lebih bernilai, justru pada aspek lain yang dimuati pada karya itu. Artinya ada nilai yang ditransformasikan oleh si kreator dalam hasil karya. Misalnya nilai yang ingin disampaikan seperti keunikan, orginalitas, handmade able, alami, dll.

Secara khusus untuk kalangan ukm dan pengusaha pemula, Deni memberi tips tambahan untuk menjual sinergitas antara para pengusaha, yaitu melakukan kombinasi dengan produk sesama pengusaha, makanan atau hal lain, yang dapat dipasarkan kepada publik dengan memanfaatkan tag kepada masing-masing pengusaha itu.

Begitulah antara lain, tips yang disarankan oleh Deni untuk para pengusaha starup.**


Berkah bagi kita semua #ReganaPOIN #Teknologi #MansurAsyarie

2 komentar: