HP (Hewlett Packard). Ketika mendengarnya, bagi saya yang terbayang, juga mungkin juga sama dengan yang dirasakan oleh para peminat dan pecinta teknologi, adalah mesin pencetak data. Atau printer. Karena perusahaan besutan asal Amrik ini sangat concern terhadap produk super unggul dalam spesialisasi printer pada awalnya. Dan menjadi brand yang luar biasa mampu menguasai pasar.
Apalagi untuk produk-produk kebutuhan pencetakan spesial, yang berbasis laser, seperti kebutuhan kerja fotografer profesional, desainer, pre printing, dan aneka kebutuhan olah gambar yang high quality, maka sudah sangat populer, printer HP adalah jagonya. Era tahun 1990-an tidak ada tandingnya.
Dasa warsa berikutnya, pergantian milenium, perusahaan yang dikomandoi oleh pemiliknya Bill Hewlett dan Dave Packard, melebarkan sayap dengan mengeluarkan produk kebutuhan lain seperti: Desktop, Laptop, Monitor, dan aneka produk aksesoris. Dalam hal kualitas, pelebaran sayap itupun, ternyata mampu menyaingi para pendahulunya dalam menguasai pasar untuk produk-produk tersebut.
Menganalisa aneka produk yang dikeluarkan oleh HP, dengan kecenderungan persaingan produk dari berbagai merk yang beredar, ada kecenderungan HP melakukan gaya dengan bermain aman dalam hal pemilihan pangsa pasar. Maka, tentu saja akselerasi dan penetrasi produk yang dilempar ke pasaran tidak akan sesukses produksi unggulan printernya.
Sebagai bagian dari konsekuensi rebutan pasar dan cari aman ini, maka produk-produk HP, khususnya jenis Laptop, generasi sebelum high end, fokus pada pasar dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah.
Sebagai contoh, Laptop dengan spesifikasi: Processor: AMD E2-9000e; RAM: 4GB DDR4; Kapasitas Penyimpanan (HDD): 500 GB; Kartu Grafis: Integrated; Sistem Operasi: Free DOS3349000, seharga 3 jutaan, adalah strategi yang dipilih dalam rangka mengejar kemampuan pasar mempertimbangkan produknya. Walau belakangan ini, Laptop tersebut bukan high end, namun mampu menjembatani kebutuhan komputer.
Karenanya, untuk kalangan pelajar, mahasiswa, pemakai umum kebutuhan standar, terutama pasar di Indonesia, nampaknya akan sangat tergiur dengan tawaran spesifikasi ini. Sebab, aneka spesifikasi itu sudah sangat menguntungkan bagi para pengguna dengan bidikan utama kebutuhan dasar komputasi dan iming-iming kemampuan gaming yang mumpuni.
Bundle ini merupakan produk pertengahan yang dapat diandalkan. Harga tersebut berbading dengan kemampuan para pelajar dan mahasiswa yang menggeluti ilmu pengetahuan dan memerlukan alat bantu Laptop standar dan plus spek game yang dapat diandalkan.
Kendati demikian, HP selalu melakukan melakukan modifikasi sistem dan menjaga kualitas dengan peluncuran berbagai produk yang telah teruji. Kekuatan utama Laptop HP dalam hal kinerja prosesor yang tangguh, keyboard laptop yang tahan, serta dukungan driver yang populis.
Track record HP sejauh ini, mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, pada dunia teknologi. Terobosan produknya acapkali mampu memberikan layanan yang prima, sehingga untuk urusan mutu tidak mengecewakan costumer-nya.***
Jumat, 16 Juli 2021
Produk Laptop HP yang Aman di Kelas Menengah
Disain Cover Buku Mudah
Mendisain cover sebuah karya baik karya digital berupa video, atau movie. Atau karya cetakan sebenarnya tidak jauh berbeda mudahnya. Asalkan Anda memiliki prasyarat kompetensi utama terhadap aneka komponen disain.
Apa saja? Setidaknya komposisi, pesan, warna dan nilai. Itu saja untuklangkah awal. Lantas membahasakan atau mengekspresikan 4 komponen tadi dalam karya disain. Selesai, Ini beberapa contohnya.
Contoh Disain Cover Buku
Semua karya itu milik penerbit lokal mitra dari regana POIN. Anda tertarik? Dapat menghubungi kami.*
Kamis, 15 Juli 2021
Jasa Pembuatan Website
Untuk membuat website saat ini sangatlah mudah. Asal anda tahu jalur jalannya dengan baik. Namun apabila tak mau ribet, atau dipusingkan dengan masalah ini kita dapat menggunakan mekanisme kerjasama dengan para ahli atau profesional lainnya.
Berikut juga dicontohkan jasa pembuatan website yang diluncurkan oleh regana ini dia.
Untuk proses belajar tidak ada salahnya untuk mencoba menapaki jalan-jalan jalur menuju pembuatan website yang baik. dilakukan sendiri atau terbimbing. Gak ada persoalan.
Tetapi bagi sebagian dari kita yang super sibuk, gak berhubungan dengan komputasi dan lain-lain, langkah bijak apabila menghubungi para profesional untuk memperoyeksikan website impian Anda. Dari pada kita usahakan sendiri, tapi tak jadi-jadi :)
Jumat, 09 Juli 2021
Membuat Website, Mudah Versus Susah
Membuat website untuk sebagian kalangan merupakan sesuatu yang sulit dan ribet. Perlu konsentrasi tingkat tinggi dan kecermatan. Namun bagia sebagian yang lain itu perkara mudah saja.
Persoalan opini boleh berbeda. Tetapi tujuan untuk membuat website untuk efektivitas dan optimalisasi komunikasi serta untuk kepentingan lain seperti wibawa dan prestise, tentu pertimbangan lain.
Nah, bagi kalangan yang merasa sulit ada baiknya menghubungi atau melakukan kerjasama dengan yang merasa mudah. Agar tujuan pembuatan sebuah website terlaksana.
Hingga saat ini, sejalan dengan perkembangan teknologi komputer dan informasi yang merebak, kedua pandangan tadi tentu akan berkembang dan dinamis. Tetapi melakukan sinergitas adalah pilihan yang bijaksana.
Bila kita melakukan googling tentu saja akan banyak ditemukan pihak yang bersedia bahkan secara profesional membantu mewujudkan tujuan pembuatan website. Termasuk di website ini. Para ponggawa di belakang layar bersedia melakukan kerjasama dengan siapapun untuk mewujudkan impina sebuah website. Tunggu apalagi?
Selasa, 06 Juli 2021
Cara Membuat Website Gratis di Google Sites
Saat ini telah banyak Paltform yang membantu publik untuk mengkomunikasikan berbagai hal dalam dunia maya. Salah satunya dengan membuat Website atau situs.
Di antara sekian banyak Platform itu yang lumayan keren dan elegan menurut Penulis yaitu yang difasilitasi oleg Google, berupa Google Sites.
Beberapa alasan yang dapat dijadikan dalil untuk memilih fasilitas Website gratis Google Sites, setidaknya berdasarkan pengalaman penulis, antara lain
- Tampilan bagus (memadai)
- Mengakomodir banyak hal atau multimedia dalam isi atau konten.
- Pengaturan (relatif) mudah, karena menggunakan pendekatan berbasis gambar.
- Fitur (cukup) lengkap, tidak kalah oleh website yang berbayar. Antara lain mudah dalam menayangkan aneka fitur, tautan, sisipan dan sematan, dll.
Berikut ini tahapan dan cara membuat situs di Google, walaupun tidak memiliki dasar pengetahuan Web Master, kita dapat membuatnya dengan mudah. Inilah tahapannya, terlihat pada rangkaian tayangan video berikut ini.
- Tahap membuat alamat dan nama serta keterangan awal Website. Klik disini.
- Membuat halaman dan subhalaman. Tips berikut mengenai cara mengisi Websit berupa isi (content) web dapat bermacam media (multi). Berupa secara kasat mata teks, gambar, video, audio, gabungan. Isi tadi tentu harus tampil. Tampilnya supaya tertib, diatur pada halaman dan sub halaman, dan atau bagian berikutnya. Lengkapnya Klik disini juga disini.
- Cara mengisi halaman dengan isi yang Multimedia (Gabungan). Antara tipikal teks, gambar, video, audio, dan lainnya. Klik disini.
- Tahapan terakhir penyempurnaan isi halaman dengan mengedit halaman secara teratur dan bertahap. Klik disini
Demikian cara-caranya. Bila Anda mengikutinya dengan benar, dipastikan dapat membuatnya dengan benar. Bila ada masalah dapat menghubungi kami. Hehe.
Semoga bermanfaat.[]
Senin, 11 Januari 2021
Sumber Daya Lokal Angkat Kompetensi Sosial
#Wirausaha
Pengembangan potensi lokal untuk dijadikan garapan IKM (Industri Kecil dan Menengah), sangat tepat apabila seluruh prosesnya sedapat mungkin memanfaatkan potensi lokal daerah tersebut. Misalnya, daerah potensial pertanian, wisata alam, pesisir pantai, centra budaya, atau lainnya.
Salah satu potensi lokal yang tersebar di kawasan Indonesia, sesuai dengan karakter negara agraris, tentu saja hasil pertanian yang melimpah ruah pada masa panen raya. Ini hal yang amat membanggakan sekaligus tantangan.
Dengan pemanfaatan potensi lokal hasil pertanian yang melimpah di situ, sekaligus sebagai upaya mengembangkan, memajukan potensi lokal, dan memberi solusi tatkala hasil pertanian tidak termanfaatkan optimal. Karena dapat mencegah hasil tani dijual merugi oleh para petani.
Selain itu, juga dapat mengangkat harkat, martabat dan masa depan para petani yang mengembangkan produk pertanian dalam bidang agro atau lainnya, sehingga terjadi hubungan mutualisme. Sebab yang terkadang menjadi masalah bagi petani, adalah melimpahnya hasil panen pada saat panen raya, sehingga produk pertanian anjlok. Amat disayangkan.
Pada saat yang sama, kehadiran para pengusaha rumah tangga tersebut, telah menciptakan lapangan pekerjaan di tingkat lokal, karena mampu memenuhi harapan penyerapan tenaga kerja di tingkat lokal dan sekitarnya. Setidaknya memberikan solusi lapangan pekerjaan sendiri untuk para pengembang wirausaha.
Terlebih apabila hasil usaha tersebut menjadi unggulan, maka hal itu telah memberi nilai tambah produk lokal sebagai identitas setempat yang membanggakan, tatkala disejajarkan dengan produk daerah lainnya. Hal itu peluang untuk tampil unik tradisional, dalam pentas perdagangan skala luas global. Sekaligus merebut ruang terbuka pemanfaatan pasar global.
Pada aspek ekonomi, tentu saja telah memberi tambahan penghasilan untuk keluarga, yang saling menopang pendapatan utama keluarga dari pekerjaan utama kepala rumah tangga.
Pada sisi lain, produk rumah tangga juga memberi nilai jual keadaan lokal terhadap wisatawan, melalui promosi produk yang beredar di pasaran. Sekaligus menjual image lokal daerah tersebut di hadapan pasar umum lainnya.
Dengan demikian, pada prinsinya keberhasilan pemanfaatan potensi lokal, merupakan sinergi potensi lokal antara proses usaha sederhana tersebar, pengolahan bahan baku lokal, pemberdayaan sosial setempat, dan menciptakan pundi-pundi penghasilan tambahan.
Keunggulan lain, bahwa IKM rumahan akan terbebas dari kemungkinan krisis global yang selalu mengancam perusahaan yang berbasis konvesional, karena pasokan sumber daya merupakan potensi lokal, yang tidak terkait langsung dengan keadaan global dunia usaha. Sehingga relatif daya tahannya kuat dari tekanan kerawanan situasi ekonomi global.***
Sabtu, 11 Juli 2020
Kriteria Sebuah Produk Unggul
#Wirausaha
Sebuah produk dapat bertahan atau tidak, di pasaran ditentukan oleh banyak faktor. Baik terkait langsung dengan keadaan internal produk, maupun hal lain di luar (eksternal) produk itu sendiri.
Begitu pula, produk usaha yang diberdayakan oleh masyarakat. Untuk dapat merebut minat pemakai, serta mendapatkan keuntungan usaha, maka harus mempertimbangkan faktor-faktor strategis sebuah produk, terutama untuk usaha kecil dan menengah.
Setidaknya ada 4 faktor penentu, yang amat sangat strategis dalam menentukan daya tahan produk, terhadap penerimaan pasar. Sehingga dapat dikatakan unggul, dibanding produk lain, serta menempati hati masyarakat. Di antaranya, yaitu:
1.Kualitas
Mutu atau kualitas menjadi fokus suatu produk. Ia menjadi tak terkalahkan oleh produk yang lain. Penentu mutu antara lain: ciri khas, nilai tambah, keunikan, dan memenuhi kebutuhan pasar.
Suatu kualitas produk dikatakan berhasil, apabila mengusung sebuah konsep, gagasan dan ide. Konsep produsen yang ditawarkan, dan dikemas dalam bentuk produk. Konsep ini sangat baik, bila original, baru, dan berbeda.
2.Pasar
Pasar maksudnya pengguna produk. Bahwa dengan produk itu, tercipta pasar yang membutuhkannya. Karena butuh, mereka bersedia membeli, atau mengganti ongkos atau harga yang ditawarkan oleh produsen.
Konsep yang ditawarkan tadi dalam produk, menurut pasar dianggap sepadan dengan harga yang ditentukan. Mereka rela membeli. Kerelaan membeli ini menjadi daya jual produk.
3.Harga
Harga merupakan jumlah angka yang wajar terhadap nilai yang diberikan oleh produk. Walau harga relatif, pada akhirnya akan ditentukan oleh kompetitor terhadap produk yang sejenis.
Tarik menarik harga ini, antara produsen dengan konsumen, akan menentukan apakah produk diterima atau tidak oleh konsumen. Semakin harga murah, semakin disenangi konsumen. Tentu selama terdapat margin, untuk produsen. Sifat ini, memaksa harga akan bergerak turun naik.
4.Tempat
Sebuah produk usaha dari perusahaan kecil dan menengah, yang menghasilkan barang atau jasa, tentu membutuhkan lokasi fisik tempat usaha. Karena harus berbasis tempat usaha di daerah tertentu.
Walau belakangan ini, sejalan perkembangan lokasi usaha, dapat bergeser ke ranah maya, baik di ruang market place maupun tempat usaha lain, namun untuk pertanggungjawaban usaha, lokasi tempat usaha, tetap harus dapat terpenuhi.
Itulah setidaknya, hal-hal strategis bagaimana produk usaha kecil agar menjadi unggul. Semoga membantu Anda.***